Kapal Bertenaga Nuklir Pertama Adalah NS Savannah

Berdasarkan visi salah satu pemimpin brilian Amerika Serikat Dwight Eisenhower, NS Savannah adalah kapal kargo yang menetapkan banyak standar yang berlaku. Ini adalah kapal dagang nuklir pertama yang akan dibangun sebagai bagian dari platform 'Atom of Peace' milik Eisenhower yang dimulai pada tahun 1950an dalam upaya untuk menekankan dan menunjukkan pemanfaatan energi atom secara produktif di seluruh dunia. Beroperasi pada tahun 1962, kapal bertenaga nuklir NS Savannah pada awalnya dibangun untuk digunakan sebagai kapal pengantar barang voyager-cum-freight. Konstruksi kapal tersebut merupakan kerja sama antara tiga otoritas utama AS - MARAD, Departemen Perdagangan dan Komisi Energi Atom, yang menghabiskan dana hampir US $ 47 juta pada saat itu.


Biaya konstruksional ini juga termasuk biaya reaktor atom yang dilengkapi untuk menyediakan sumber bahan bakar yang diperlukan ke kapal. Terlepas dari peluncurannya yang rumit, kapal nuklir NS Savannah tidak digunakan secara aktif untuk jangka waktu yang lama, namun telah diterima secara luas bahwa dalam hal visi Presiden Eisenhower, kapal tersebut sukses besar.


Dimulai dengan konstruksinya yang memungkinkan akomodasi mewah bagi para voyagers dengan efisiensi operasionalnya yang sangat tinggi, kapal no.4 NS Savannah merupakan sebuah keajaiban yang patut dibanggakan. Dibaptis setelah SS Savannah pertama, kapal voyager bertenaga nuklir pertama di AS pada awal 1800an, NS Savannah benar-benar memenuhi harapan globalnya.


Karakteristik yang menonjol dari kapal nuklir dapat dicantumkan sebagai berikut:


✔Panjangnya hampir 600 kaki dengan lebar hampir 80 kaki dan perpindahan lebih dari 20.000 ton

✔Akomodasi untuk sampai 60 pelayaran dengan kargo membawa kapasitansi sekitar 8.500 ton dalam enam kargo

✔Kecepatan operasional tinggi menyentuh hingga 21 knot, dihasilkan oleh reaktor atom yang menghasilkan hampir 75 megawatt (Mw) energi.


Kendala Operasional dan Kehidupan Setelah Dekomisioning
Pertama digunakan sebagai kapal voyager, pada tahun-tahun terakhir pelayanannya, kapal dagang nuklir Savannah sepenuhnya digunakan sebagai kapal barang yang dioperasikan oleh Perusahaan Ekspor-Isbranderan Amerika. Biaya operasi yang tinggi bersamaan dengan daya dukung muatan terbatas, dibandingkan dengan kapal pengangkutan lainnya pada waktu itu, namun mencegah kapal dagang tersebut beroperasi secara tidak aktif selama rentang waktu yang lebih lama.

Selain itu banyak kritikus bahkan berpendapat bahwa dualitas operasi yang diinginkan memungkinkan banyak masalah sementara kapal dagang benar-benar digunakan Kapal nuklir tidak dapat sepenuhnya dioptimalkan sebagai kapal voyager dan juga sebagai kapal barang dalam keseluruhannya yang akhirnya menghasilkan mengingat dari layanan maritim aktif.
Pada tahun 1972, kapal tersebut telah dinonaktifkan dan dijadikan pameran di pelabuhan Galveston di negara bagian Texas.

Saat ini, kapal dagang bertenaga nuklir berlabuh di pelabuhan Baltimore dan telah dimasukkan ke dalam daftar 'Landmark Bersejarah Nasional' AS. Setelah sukses membangun NS Savannah, banyak negara lain menghasilkan inovasi mereka sendiri dengan model kapal dagang bertenaga nuklir. Mungkin saat mempertimbangkan inovasi bernilai tambah ini bagi industri perkapalan bahwa signifikansi pemecah jalan yang sebenarnya dari NS Savannah semakin menonjol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapal Bertenaga Nuklir Pertama Adalah NS Savannah"

Posting Komentar