Pengertian Kapal Seismik Dan Perlengkapan Utamanya

Kapal survei seismik adalah kapal canggih yang dibangun dengan berbagai fitur seperti ruang tamu khusus untuk mengakomodasi awak kapal dan seismik, helideck, ruang instrumen, cukup mesin, propulsi tambahan untuk kapal non-DP, derek atau gulungan besar untuk menyimpan kabel pita, geladak kerja ke senapan senapan pelabuhan, mode tambahan untuk kemudi l. Kapal ini umumnya lamban dalam kecepatan dan ukurannya kurang dari 100 meter. Kru seismik biasanya bertaut di ruang instrumen, dek belakang dan ruang kompresor.


Beberapa fitur utama kapal Seismik adalah:


Ruang instrumen: Ini adalah tempat untuk merekam data dan memantau operasi. Ini umumnya memiliki komputer dengan layar besar, yang membantu dalam semua operasi besar, langsung dari mengendalikan kedalaman pita hingga menembak. Sistem navigasi utama terletak di daerah ini, yang terhubung dengan satelit, sistem radio, GPS, sounder gema, repeater gyro dll.

Kembali dek: itu adalah tempat untuk menggelar pita dan senar. Ini menampung derek dan gulungan besar di mana kabel pita penyimpanan disimpan, bersamaan dengan mekanisme hidrolik untuk pemasangan kedua kabel dan senapan udara. Area perbaikan untuk kabel dan senapan juga berada di sini.

Ruang kompresor: Kapal seismik memiliki ruang kompresor yang terpisah untuk memantau tekanan makan dan mesin kompresor. Ruang kompresor biasanya terletak di bagian depan ruang mesin dan telah mendedikasikan generator untuk menyalakan kompresor.

Jembatan: Biasanya terletak di depan kapal. Ini canggih dan dilengkapi dengan peralatan modern. Beberapa kapal dilengkapi dengan sistem kemudi tambahan (non-DP vessel), selain auto pilot, disebut auto-tracking, yang dioperasikan oleh komputer yang disinkronkan dari ruang navigasi. Ini juga memiliki kontrol untuk propulsi tambahan, seperti aqua master yang membantu dalam manuver. Unit display kamera disediakan untuk memantau aktivitas di dek belakang dan perairan yang dekat dengan sisi kapal.


Ruang Mesin: Kapal survei seismik memiliki ruang mesin yang luar biasa besar dengan banyak mesin untuk kapal seukuran ini. Ruang mesin terutama terbagi menjadi tiga kompartemen, yaitu
1.) Kompartemen Main Engine, yang juga memiliki generator pembantu dan generator pelabuhan.
2. Kompresor kompresor, yang berisi kompresor utama yang memasok udara ke senapan udara atau sumber seismik
3.) Generator untuk kompresor dan ruang kucing. (Tempat ini juga menyediakan mesin untuk penggerak tambahan, dan karena mesinnya biasanya adalah produsen Caterpillar, biasanya disebut kamar kucing.)


Peralatan Seismik Utama
Beberapa peralatan seismik utama yang digunakan pada kapal tersebut adalah:
Pelampung ekor: Pelampung ekor, seperti namanya adalah jenis pelampung, yang dilengkapi dengan GPS dan lampu berkedip dan dilekatkan pada ujung kabel masing-masing pita. Ini membuat pita terus mengapung dan mencegah kabel terjerat. Ini memberikan informasi posisi dan juga menyala pada malam hari.


Streamer kabel atau pita: Ini adalah kabel optik yang berisi hidrofon untuk memilih sinyal seismik, modul elektronik yang mentransmisikan data, membran stres atau kelvar yang menambahkan kekakuan pada sistem transmisi kabel dan listrik yang memasok listrik ke kabel. Pita dibagi menjadi bagian 100 meter atau bahkan lebih rendah - ini membantu penggantian barang yang rusak dengan mudah. Kabel pita diisi dengan cairan dengan berat jenis kurang dari 1, untuk membuat streamer apung. Saat ini, cairan diganti dengan busa, yang relatif lebih kaku, memiliki sedikit peluang untuk kebocoran, dan mudah dirawat dan mendapatkan perolehan yang bagus.


Bird: Mereka adalah unit kontrol kedalaman yang terpasang pada pita dan ditempatkan secara berkala (tidak lebih dari 300 meter). Mereka mengendalikan kedalaman kabel pita, dan dilengkapi dengan motor dan sayap yang menyesuaikan dan mempertahankan kedalaman pita sesuai dengan itu. Mereka dioperasikan dari ruang instrumen.
Akustik: Seperti burung, akustik melekat pada pita yang memiliki pemancar built-in dan ditempatkan pada jarak yang sama. Akustik memancarkan sinyal yang dipetik oleh transduser yang berada di sisi kapal, memberi posisi relatif pada kabel.
Air Gun: Ini adalah peralatan yang juga disebut sumber seismik. Senjata udara terdiri dari dua ruang, yaitu ruang kontrol atas dan ruang pelepasan atau penembakan yang lebih rendah dan katup solenoid.


Udara bertekanan tinggi pada 2000 psi diumpankan ke ruang kontrol dari kompresor yang masuk ke ruang bawah. Penembakan ini kemudian dipicu dengan mengirimkan impuls listrik ke katup solenoida, yang membuka agar udara keluar dari bilik bawah melalui port. Pembukaan katup solenoida dan pengisian udara di bilik sangat cepat dan memerlukan beberapa milidetik agar prosesnya bisa selesai. Hal ini memastikan penembakan terus menerus dan interval waktu antara masing-masing fringing bergantung pada kecepatan kapal. Siklus yang disebutkan di atas adalah ideal untuk ditembak tanpa kehilangan titik tembak.


Biasanya ada dua set senar (port dan rightboard), yang ditangguhkan dari perangkat terapung. Setiap senapan senapan akan memiliki enam pasang senjata dengan dua senapan untuk setiap lingkaran senar. Senjata tersebut ditarik pada jarak 500 meter dari kapal yang bersih dari baling-baling, dan kedalaman senjata antara 5 sampai 10 meter untuk kapal yang beroperasi di daerah di mana kedalamannya maksimal 25 meter. (Ini dapat bervariasi tergantung pada kedalaman dan mode operasi) Hal tersebut di atas bukanlah daftar yang lengkap namun merupakan seperangkat komponen dan peralatan penting yang digunakan pada kapal seismik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kapal Seismik Dan Perlengkapan Utamanya"

Posting Komentar