Memahami Sistem Penentuan Posisi Dinamis Modern untuk Kapal

Sebuah kapal yang dirancang untuk memenuhi kondisi kerja yang ekstrim harus mengelola risiko dengan cara yang efektif. Salah satu cara untuk memastikan bahwa kapal tersebut mampu beroperasi dengan tingkat keandalan yang wajar adalah dengan memastikan berbagai sistem di kapal tersebut berlebihan dalam aspek-aspek tertentu. Pada artikel ini, kita akan melihat sistem penentuan posisi dinamis modern dan menjadi akrab dengan istilah menarik yang terkait dengan desain ini.


Redundansi dikatakan sebagai ciri khas desain berevolusi yang sangat baik yang diharapkan dapat mengatasi kegagalan sistem. Ini adalah kemampuan suatu sistem untuk mendapatkan kembali atau mempertahankan fungsi normal di bawah setidaknya satu mode kegagalan.
Ambil contoh genom organisme yang memiliki kemampuan untuk berfungsi normal hampir sepanjang waktu bahkan jika terjadi perubahan yang tidak disengaja dalam struktur lokalnya.
Kapal adalah struktur yang sangat berlebihan secara khusus karena alasan ini. Kondisi buruk di laut menyebabkan beberapa kerusakan lokal tidak menenggelamkan seluruh bejana. Namun, hari ini kita akan fokus pada area lain dimana redundansi sistem berperan penting yaitu manuver.


Sistem Dynamic Positioning atau DP adalah kombinasi dari pengendali berbasis komputer dan alat penggerak primer dan sekunder kapal induk dan manuver, yang bertanggung jawab untuk mempertahankan posisi dan posisi kapal dalam kondisi laut yang diberikan. Pada dasarnya idenya di sini adalah menginstal beberapa komponen agar aman menjaga diri dari kegagalan, sambil memastikan bahwa pekerjaan mereka didasarkan pada prinsip dan cara operasi alternatif (juga disebut ortogonalitas ). Juga harus dicatat bahwa hubungan antara sistem dijaga tetap minimal untuk memastikan bahwa efek kegagalan tidak menyebarluaskannya (disebut
pemisahan ).


Sistem ini menggunakan data dari sensor referensi posisi kapal, sensor angin, gyrocompasses dan perangkat serupa dan data digunakan sebagai masukan dalam sistem loop umpan balik yang membantu dalam manuver kapal. Sistem DP tidak dibatasi hanya untuk kapal saja, dan sering digunakan pada unit pengeboran lepas pantai, kapal selam dan kapal semi-submersible.
Menurut Organisasi Maritim Internasional (IMO), tiga kelas aturan telah dikembangkan untuk kapal DP. Mereka ditandai dengan berbagai kondisi kerja dan mode kegagalan.


Klasifikasi masyarakat seperti Lloyd's Register of Shipping (LRS), DNV-GL, ABS memiliki tata nama kelas mereka sendiri. Namun, idenya begini:


Di bawah ini, ada aspek-aspek tertentu yang secara positif dipertimbangkan untuk tinjauan ulang terhadap sistem DP seperti pengaturan umum, kondisi terburuk, konfigurasi pembangkit tenaga laut, kehilangan daya yang dapat diijinkan untuk berbagai mode kegagalan, kondisi lingkungan (laut, angin kencang) antara lain . Selama pengoperasian kapal, sistem diperlukan untuk memastikan bahwa pekerjaan yang sedang berjalan diselesaikan dengan aman jika sistem DP bekerja dalam mode kegagalan tunggal. Namun, ' waktu terminasi ' karena disebut juga dapat bervariasi dan juga desain sistem DP.

Sistem DP modern saat ini mampu memastikan operasi kapal yang superior bahkan dalam kondisi terberat sekalipun. Mereka banyak digunakan pada instalasi lepas pantai yang rumit yang memerlukan keakuratan dan ketepatan seperti operasi pipa-berbaring, aktivitas berbaring, angkat berat, dll. Ini berarti akan ada cukup banyak duplikasi sistem posisi aktif di kapal. Terkadang disebut redundansi kritis ).

Untuk mendapatkan beberapa gagasan, berikut adalah daftar fitur dari berbagai sistem DP yang diidentifikasi oleh American Bureau of Shipping (ABS). Menarik untuk dicatat bahwa sistem DP tidak semata-mata berkaitan dengan pemeliharaan stasiun dan operasi manuver yang dikendalikan sebagaimana mestinya, namun juga mengenai bagaimana bejana tersebut akan tampil dalam kondisi tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan, kejadian mode kegagalan.

Dan inilah mengapa kapal dipilih berdasarkan kemampuan DP untuk melakukan operasi berisiko tinggi (juga disebut kesesuaian ). Ditambah dengan proliferasi aplikasi teknologi di kapal modern dan instalasi lepas pantai, dapat diasumsikan dengan aman bahwa teknologi DP pasti akan menemukan tempat di antara teknologi otomasi terintegrasi di masa depan.
Sumber: wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Sistem Penentuan Posisi Dinamis Modern untuk Kapal"

Posting Komentar