Warga Surabaya beramai-ramai naik KRI

Surabaya - Dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-72, TNI AL menyilakan warga unutk ikut naik ke kapal tempurnya. Kapal tempur yang boleh warga tumpangi adalah KRI Surabaya.

KRI Surabaya 591 membawa ratusan masyarakat Jawa Timur mengarungi perairan sekitar jembatan Suramadu. Bertolak dari Dermaga Madura, kapal dengan bobot 11 ton ini memanjakan mata masyarakat Jawa Timur selama kurang lebih satu jam.

"Kami ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa TNI memiliki alutsista yang pada dasarnya dibeli dari uang rakyat, untuk mempertahankan kedaulatan," ujar Letkol Laut Heru Syamsul Hidayat, yang memimpin pelayaran ini kepada detikcom, Minggu (17/9/2017).

Selain itu, menurut Heru, masyarakat juga bisa tergugah jiwa nasionalismenya, dengan melihat langsung salah satu kapal kebanggaan Indonesia ini.

"Masyarakat bisa melihat bahwa inilah kapal yang kita gunakan untuk menjaga kedulatan negara, untuk membela negara," imbuhnya.
Menikmati indahnya Jembatan Suramadu dari atas KRI Surabaya (Foto: Grasella Sofia Mingkid)

Untuk itu, menurut Heru, seluruh personilnya telah disiapkan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.
"Ada 153 personil yang siap siaga. Kami juga terus meningkatkan keamanan kapal secara teknis serta keamanan masyarakat yang ikut berlayar ini. Salah satunya dengan mengingatkan masyarakat tentang pengamanan pribadi," ujar kapten yang baru seminggu menjalankan tugas sebagai Kapten KRI Surabaya ini.

Sebelumnya, KRI Surabaya baru saja mengarungi laut Jawa, dalam rangka serah terima jabatan kapten. "Selama seminggu kami mengolah gerakan kapal, serta mengetahui beberapa karakteristik kapal sebelum serah terima jabatan," ungkapnya.

Dalam pelayaran ini, awak kapal juga berisi enam orang dari korps wanita TNI Angkatan Laut. "Saya dan lima orang lainnya juga turut membantu disini. Saya pribadi merasa senang bisa bergabung dengan awak kapal kebanggaan Indonesia ini, " ujar Serda Rosmita, yang bertugas di bagian elektronika dan komunikasi.

Warga yang naik KRI Surabaya merasa senang. Kebanyakan dari mereka mengaku baru pertama kali naik kapal perang. "Saya senang karena ramai, bisa bertemu dengan banyak orang, kenalan sama orang baru, sekaligus memperingati HUT TNI. Ini pertama kali say anaik kapal perang," ujar Safitri (49), warga Tandes.

Tak hanya pengunjung dari Surabaya saja, pengunjung dari berbagai kota di Jawa Timur juga turut memeriahkan HUT TNI ke-72. "Alhamdulilah senang, TNI luar biasa," ujar Amir (26) warga Pasuruan sambil menikmati pemandangan lautan Suramadu.

"Senang saya ikut acara ini. Ini saya antar anak saya. Dia senang ikut acara militer kayak gini," kata Indriawati (40) warga Taman Asri Sidoarjo sambil menunjuk anaknya, Manda (5) yang menggunakan kostum militer.

Sumber: Detik,com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Surabaya beramai-ramai naik KRI"

Posting Komentar